Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri melakukan Benchmarking ke Unira Malang

0
41

Beckmarking atau studi banding merupakan kesadaran akademik untuk meningkatan budaya organisasi. Hal ini sejalan dengan tuntutan perkembangan lembaga pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kota Kediri mengimplementasikan kesadaran akademik tersebut melalui program Beckmarking Ke UNIRA Malang pada Selasa, 28 Desember 2022.

Dalam kegiatan Beckmarking Ke UNIRA Malang ini, Pimpinan Fakultas Tarbiyah mengajak 126 segenap sivitas akademik yang meliputi jajaran Rektorat , Pimpinan Fakultas Syariah, Dosen, Tenaga kependidikan dan mahasiswa. Tujuannya berbagi informasi pengelolaan budaya akademik dan non akademik kedua perguruan tinggi berskala universitas untuk saling meningkatkan kualitas dan kuantitas bertaraf internasional. Implementasinya, kedua lembaga melakukan penandatanganan MoU dan ditindaklanjuti penendatangan MOA dari masing-masing fakultas.

Menurut H Imron Rosyadi Hamid, Rektor Universitas Raden Rahmat (Unira) Malang, kegiatan ini sangat penting dilakukan oleh UNIRA dan UIT Lirboyo. Kedua lembaga ini tidak semata-mata dimaknai sebagai perguruan tinggi, akan tetapi sebagai wadah kaderisasi, mencetak ulama-ulama berwawasan global. Lebih utamanya, Kedua lembaga sepakat berfokus menjadikan lembaga perguruan tinggi sebagai pengembangan pengetahuan berperspektif, integrasi keilmuan berlandasakan Ahlussunah Waljamaah an Nahdliyah.

Senada dengan H Imron Rosyadi Hamid, Dr. H. Badrus, M.Pd menjelaskan peran penting kerjasama antara UIT Lirboyo Kota Kediri dan UNIRA Malang. Kerjasama yang dilakukan kedua lembaga ini, sejatinya sedang menangkap tantangan global, sinergitas berdaya saing internasional tanpa meninggalkan akar ideologinya. Kerjasama ini juga menjadi pondasi bersama melakukan penguatan sendi-sendi kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara berpersepektif moderasi.

Akhir kegiatan ini ditutup dengan kesepakan bersama untuk melakukan Internasional Seminar On Islamic Education And Peace, melakukan penelitian bersama pada tahun 2023. Adapun desiminasi hasil-hasil kegiatan ini, akan dijadikan evaluasi bersama untuk meningkatkan kualitas kerjasama dari Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri dengan Unira Malang.

Comments are closed.