Perkuat LPM PTKIS, Kopertais IV Selenggarakan Penyusunan E-SPMI

0
552

Upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, Kopertais Wilayah IV Surabaya menyelenggarakan kegiatan Penyusunan E-Sistem Penjaminan Mutu Internal (E-SPMI) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) pada tanggal 28–30 Agustus 2023 di Hotel Santika Premiere Gubeng.

Kegiatan ini diikuti oleh PTKIS dibawah Kopertais IV Surabaya termasuk Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri yang diwakili oleh M. Arif Khoiruddin. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan termasuk mempersiapkan penerapan e-SPMI.

Saat ini Perguruan tinggi harus mampu merencanakan, menjalankan dan mengendalikan suatu proses yang menjamin pencapaian mutu. Untuk mewujudkannya, diperlukan syarat-syarat yang wajib dipenuhi yaitu Komitmen, Internally driven, Tanggungjawab/ pengawasan melekat, Kepatuhan kepada rencana evaluasi serta Peningkatan mutu berkelanjutan.

Hal terpenting untuk mencapai akreditasi yang baik adalah menerapkan pola Continuous Quality Improvement (CQI) yaitu dengan cara peningkatan mutu internal lebih dahulu, baru kemudian proses akreditasi akan menjadi baik. Ujar Thobib Al Asyhar Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama DIKTIS.

Perguruan tinggi dituntut tidak hanya sekedar melaporkan PDDIKTI secara berkala namun semua komponen harus diisi dengan benar. Dengan adanya e-SPMI dapat memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan SPMI di PTKIS, memotret kinerja UPPS dan prodi, memudahkan melakukan evaluasi diri, memudahkan dan mengefektifkan pelaksanaan SPMI dan QCI serta mengintegrasikan data-data SPMI.

Harapan dengan terlaksananya kegiatan ini PTKIS menjadi lebih bermutu sesuai dengan standar, sesuai dengan harapan pelanggan dan pihak-pihak terkait, sesuai dengan yang dijanjikan, semua karakteristik produk dan pelayanan memenuhi persyaratan.

Comments are closed.