3 MAHASISWA UIT LIRBOYO MENJADI PANELIS AnSOPS NASIONAL DI IAIN KEDIRI

0
108

Salma Mawaddah, Adin Fitriani, dan Lulu Hilyatul Z, yang ketiganya merupakan mahasiswa S-1 UIT Lirboyo Kediri dan hasil kolaborasi dari Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Syariah, tampil sebagai panelis pada forum ilmiah AnSOPS (Annual Symposium on Pesantren Studies) ke-5 yang diselenggarakan oleh IAIN Kediri. Konferensi nasional yang berlangsung pada tanggal 29-30 Oktober 2023.

Ketiga mahasiswa ini menyajikan makalah  berjudul “Manajemen Kemandirian Pesantren Berbasis Aset dan Operasionalitas Dalam Mewujudkan Kebangkitan Perekonomian Umat”. Makalah ini membahas bagaimana konsep usaha ekonomi yang dibangun oleh pesantren untuk kebutuhan masyarakat yang berbasis konsep syariah yang berpedomana pada hukum fiqih muamalah. Dengan hasil riset ini mereka berharap, bisa membuka pandangan masyarakat bahwa pesantren selalu memberikan solusi kepada pemerintah dalam upaya mensejahterkan ekonomi pesantren dan menghasilkan kebijakan baru untus merespon fenomena bertumbuh kembangnya ekslusivisme ekopesantren dikalangan umat di Indonesia.

Kegiatan konferensi nasional tersebut dibuka secara resmi oleh rector IAIN Kediri secara resmi oleh Dr. Wahidul Anam, M.Ag. dan menghadirkan beberapa narasumber lainnya. Dan kehadiran konferensi ini tentunya untuk menambah ilmu sekaligus menyambung silaturahmi sehingga terjadi komunikasi keilmuan dan literasi budaya akademik.

Comments are closed.