OPAK Mahasiswa Baru Tahun 2017

0
2589

Ahad, 03 September 2017 dilaksanakan pembukaan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik) ke-51 di kampus IAI-Tribakti Kediri dengan mengusung tema “Melestarikan budaya kampus berbasis pesantren guna mempertahankan NKRI”. Dengan tema tersebut diharapkan calon mahasiswa dan mahasiswi mampu berperan dalam mempertahankan budaya pesantren ditengah perang identitas dan ideologi.

Dalam upacara pembukaan, hadir Rektor dan Wakil Rektor serta Dekan Fakultas di Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri. Wakil Rektor III dalam sambutannya menegaskan bahwa para peserta OPAK harus mampu merubah pola pikir kekanak-kanakannya serta mampu memaknai hidup dengan kedewasaan. “OPAK adalah hari dimana kalian memasuki fase baru dalam berproses”. Tegas Wakil Rektor.

“Sudah banyak lulusan Tribakti yang sudah menjadi orang-orang besar dan berjasa di negeri ini, kita tidak butuh orang banyak yang tidak berkualitas. Berapa pun orangnya kalau itu berkualitas dan berguna bagi masyarakat, kami akan bangga.” lanjutnya.

Institut Agama Islam Tribakti adalah perguruan tinggi yang berada di bawah payung besar pondok pesantren Lirboyo. “Di kampus Tribakti selain kalian menjadi mahasiswa, kalian juga ber status sebagai santri Lirboyo”, Papar Wakil Rektor itu. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAI-Tribakti Kediri, KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus ditandai dengan pelepasan balon udara bertuliskan OPAK Ke-51.

Menurut laporan Ketua Panitia, Azhar Maulana, Peserta yang mengikuti OPAK ke 51 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. “Pesertanya hanya mencapai angka 295. Maka, Ada penurunan sedikit dibanding sebelumnya yang mencapai angka 319 Calon Mahasiswa”, ungkap Azhar.

Acara OPAK ke-51 selanjutnya akan berlangsung selama satu semester, enam hari materi OPAK dan pengenalan budaya kampus, dilanjutkan dengan pendalaman materi-materi OPAK sampai akhir semester ganjil akademik 2017/2018.

Wartawan : Nurul Amalia (PAI. III)
Fotografer : Muhammad Soleh (PAI. V)

Sumber: LP2M IAI-Tribakti

Leave a reply